Wednesday, May 20, 2009

Laporan Pencatat Seminar Pendidikan Serantau

LAPORAN PENCATAT SESI PEMBENTANGAN

SEMINAR PENDIDIKAN SERANTAU KE-4

TAJUK PEMBENTANGAN

Pembelajaran Matematika Yang Diawali Dengan Pemberian Soal Cerita (Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V-A SDN 004 Rumbai, Pekanbaru

NAMA PEMBENTANG

Zulkarnain

SESI SELARI/ POSTER

Sesi selari 4B4

TEMA

TARIKH/ HARI

20-05-2009 / Rabu

MASA

3.15-3.30 petang

BILIK/TEMPAT

Bilik Merbau

PENGERUSI

En. Jamalullail Abdul Wahab

PENCATAT

Norihan Mohamed Jasni

INTISARI PEMBENTANGAN:

1. Pengenalan:

Pembelajaran matematika dianggap sukar disebabkan oleh faktor-faktor edukatif yang belum dilaksanakan secara tepat dimana pembelajaran selama ini cenderung bersifat sekadar memindahkan ilmu pengetahuan saja, dimana guru hanya mengajar materi pelajaran menurut urutan yang ada di dalam buku tanpa adanya kreativi guru mengatur pemberian materi pelajaran.

Pemberian soal cerita merupakan suatu upaya mencapai tujuan pengajaran matematika yang bersifat formal dan material. Tujuan yang bersifat formal berfokus pada pembentukan cara berfikir siswa dan pembentukan sikap peribadi. Manakala tujuan bersifat material pula berfokus kepada (1) penguasaan bahan matematika, (2) penggunaan dan penerapan matematika, dan (3) keterampilan.

2. Rumusan masalah:

(1) Apakah pembelajaran yang diawali dengan pemberian soal cerita dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V-A SDN 004 Rumbai Pekanbaru?

(2) Adakah terdapat perbedaan sikap siswa terhadap Matematika sebelum dan setelah pembelajaran matematika yang diawali dengan pemberian soal cerita?

3. Bentuk penyelidikan:

Menggunakan desain penelitian tindakan kolaboratif secara berterusan di dalam kelas selama tiga siklus. Pengambilan data dilakukan dengan cara melakukan pengamatan selama tindakan dilaksanakan, dan memberikan ujian pra dan pos hasil belajar setiap siklus, dan pemberian angket sikap sebelum dan sesudah penelitian tindakan. Analisis deskriptif digunakan. Hasil pencapaian siswa dianalisis menggunakan SPSS12.

4. Dapatan kajian:

(1) Terdapat peningkatan hasil pelajar.

(2) Terdapat perubahan positif sikap pelajar terhadap matematika.

INTISARI PERBINCANGAN (SOAL-JAWAB)

1. Penyoal : En. Jamalullail

Soalan : Adakah kajian ini melibatkan kumpulan kawalan?

Jawapan : Tidak. Kajian ini merupakan action research.

CADANGAN:

1. Pembentang mencadangkan kaedah pembelajaran matematika diawali pemberian soal cerita ini digunakan di sekolah rendah di Indonesia dan Malaysia.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.